menu melayang

WhatsApp Kami

23_11

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Jasa Broker

 

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Jasa Broker

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Jasa Broker Rumah

Broker disebut juga dengan perantara, agen, atau makelar. menggunakan pakai jasa broker, seseorang yang ingin menjual rumah mempunyai tenaga baru dan jaringan yang lebih luas untuk menawarkan properti yang akan dijual. Namun menggunakan jasa broker tentu tidak gratis soalnya berhubungan dengan keahlian menawarkan barang dagangan. Selain itu, broker juga menjadi sales karena mungkin juga mengeluarkan biaya untuk pasang iklan di Internet atau media lainnya.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang anti menggunakan jasa broker. Penyebabnya adalah broker sering dituding menaikkan harga yang dijual terlalu tinggi. Untuk melihat keuntungan dan kerugian menggunakan jasa broker, mari kita bandingkan jual rumah pakai jasa broker dan jual sendiri.

Keuntungan menggunakan broker

– Rumah lebih cepat terjual.

Seorang broker tentunya sudah mempunyai jaringan pemasaran properti. Jadi, broker bisa menjangkau lebih luas calon pembeli yang berminat dengan spesifikasi rumah yang dijual.

– Irit tenaga dan waktu

Tenaga dan waktu menawarkan rumah bisa diirit. Anda cukup memberikan spesifikasi rumah ke broker. Kita tinggal menunggu pembeli di rumah.

– Tidak terganggu telfon

Jika menggunakan jasa broker, penjual tidak akan terganggu oleh telfon yang berasal dari nomor yang tidak dikenal. Artinya, kita bebas dari gangguan orang yang sekadar tanya harga karena calon pembeli bisa langsung menghubungi broker tersebut.

Kerugian menggunakan broker

– Biaya komisi

Komisi untuk jasa broker wajib hukumnya. Menurut Peraturan Menteri Perdagangan tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti, komisi untuk broker minimal 2 persen. Besarnya komisi dapat dinegosiasikan di awal.

– Resiko tertipu

Umumnya broker mengurus segala hal seputar jual-beli, termasuk sertifikat. Yang bahaya adalah broker meminta sertifikat asli lalu di “gelapkan”, misalnya digadaikan. Jadi, harus selektif memilih broker.

– Terikat

Jika sejak awal sudah menghubungi broker untuk meminta bantuan menjual rumah, berarti sudah ada ikatan antara penjual dan broker. Apalagi jika broker itu bernaung di bawah perusahaan berbadan hukum. Artinya, jika ada pembeli yang datang tanpa lewat broker, proses jual-beli tetap melibatkan broker tersebut.

Keuntungan jual rumah sendiri

– Tidak ada uang komisi

Tanpa menggunakan jasa broker, artinya proses jual-beli kita lakukan sendiri tanpa ada uang komisi. Komisi 2 persen lumayan, meski jasa broker bisa lebih bernilai dibanding komisi yang diberikan.

– Dapat merubah harga rumah

Jika pakai broker, kita harus menghubungi broker jika ingin merevisi harga. Berbeda dengan menjual sendiri, kita bebas kapan saja mau revisi harga

> Jasa Pondasi Bore Pile dan Strauss Pile Murah

Kerugian jual rumah sendiri

– Repot mengurus iklan

Menjadi marketing untuk rumah sendiri bisa merepotkan. Bisa saja hanya menempel tulisan “DIJUAL” di pagar rumah. namun jangkauan akan lebih luas jika pasang iklan di lokasi lain, misalnya forum jual-beli di Internet.

– Harus stand by

Kita harus siap angkat telepon dari calon pembeli. Entah orang itu bener serius mau beli atau sekadar iseng. Bisa saja saat tengah malam telepon bunyi.

– Urus surat sendiri

Broker akan menguruskan segala dokumen jual-beli, termasuk biayanya. Jadi, kita harus siap sibuk mengurus surat yang berhubungan dengan notaris, bank, dan lain-lain.

Kesimpulan

– Melihat perbandingan keuntungan dan kerugian di atas, menggunakan jasa broker tampak lebih menguntungkan bila dijual sendiri.

– Komisi 2 persen tak seberapa jika dibandingkan dengan kerepotan jual rumah sendiri. Untuk mengantisipasi kecurangan broker, kita bisa cari broker yang bernaung di bawah perusahaan dan punya sertifikat.

– Ada Asosiasi Real Estate Broker yang punya anggota kredibel dengan bukti sertifikat. Bahkan kita juga bisa bikin perjanjian dulu dengan broker bahwa jika ada pembeli yang datang langsung tanpa melalui broker, bisa diterima. Namun perjanjian ini harus dibuat sebelum broker bekerja, ya. Bukan di tengah jalan.

– Dengan menggunakan jasa broker, selaku penjual rumah kita hanya terima beres. Gak perlu ke sana-kemari cari calon pembeli. Apalagi jika butuh jual rumah cepat.

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Cari Artikel